cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 19073011     EISSN : 25281127     DOI : -
Core Subject : Economy,
KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemenis a scientific journal in the field of economics and management published twice a year (in January & July).
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 1 (2021): Februari" : 20 Documents clear
Pengaruh leverage, price to book value dan return on assets terhadap earnings management pada perusahaan manufaktur industri bahan dasar dan kimia sub sektor logam yang terdaftar di bursa efek indonesia Siti Mariam; Irsan Tricahyadinata; Muhammad Amin Kadafi
KINERJA Vol 18, No 1 (2021): Februari
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jkin.v18i1.9343

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh leverage, Price to Book Value (PBV), dan Return On Asset (ROA) terhadap Earnings Management pada perusahaan manufaktur industri bahan dasar dan kimia sub sektor logam yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 11 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan sumber data  berupa data sekunder berupa laporan keuangan tahunan. Data yang dikumpulkan diolah menggunakan SPSS versi 23. Alat analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan regresi data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel leverage dan ROA berpengaruh positif signifikan terhadap earnings management. Sedangkan PBV menunjukkan pengaruh negatif dan tidak signifikan.
Dampak financial technology terhadap kinerja keuangan perbankan Ika Kristianti; Michella Virgiana Tulenan
KINERJA Vol 18, No 1 (2021): Februari
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jkin.v18i1.8254

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dampak financial technology (fintech) terhadap kinerja keuangan perbankan dan mengkaji perbedaan kinerja keuangan perbankan seiring dengan pertumbuhan fintech. Pengujian dilakukan dengan menggunakan sebuah event studi, sedangkan kinerja keuangan diukur dengan menggunakan rasio keuangan yaitu ROA, BOPO dan NPL. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2012-2017 di perbankan yang memiliki layanan fintech. Metodologi yang digunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melakukan uji beda menggunakan alat uji SPSS. Uji beda dilakukan untuk melihat apakah kinerja keuangan perbankan terganggu oleh fenomena fintech atau tidak. Analisis kualitatif dilakukan dengan mengkaji masalah terkait. Kesimpulan yang dapat diambil adalah inovasi yang terjadi di perbankan melalui fenomena fintech bukan sebagai gangguan tetapi sebagai kesempatan untuk mengembangkan layanan fintech dan meningkatkan kinerja keuangan perbankan.
Analisis penggunaan aplikasi bpjstku mobile dalam upaya meningkatkan kemudahan masyarakat pekerja Ana Riyanti; Hanung Eka Atmaja
KINERJA Vol 18, No 1 (2021): Februari
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jkin.v18i1.8994

Abstract

Teknologi informasi merupakan suatu sistem yang sangat bermanfaat untuk suatu organisasi atau perusahaa. Penggunaan sistem sebagai fasilitas yang diberikan oleh perusahaan dengan tujuan agar lebih efektif dan mempermudah peserta Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas kemudahan masyarakat pekerja dalam menggunakan aplikasi BPJSTKU Mobile di BPJS Ketenagakerjaan KC Cilacap. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, pengukuran menggunakan skala guttman, sample sebanyak 50 orang dengan teknik purposive sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Teknik analisi data dalam penelitian ini menggunakan dekriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi BPJSTKU Mobile telah berhasil dalam memberikan kemudahan masyarakat pekerja dan sebagian besar peserta sudah mengeggunakan aplikasi BPJSTKU Mobile untuk mengakses informasi BPJS Ketenagakerjaan KC Cilacap.
Analisis likuiditas, return, bid ask spread saham, serta pengaruhnya terhadap holding period saham-saham sektor keuangan di bursa efek indonesia 2015-2019 Dede Sri Rahayu; Kurniawan Saefullah
KINERJA Vol 18, No 1 (2021): Februari
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jkin.v18i1.7964

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk memberikan analisis terkini terkait dengan pengaruh likuiditas saham dan return saham, serta pengaruhnya terhadap bid/ask spread dan holding period saham pada Bursa Efek Indonesia dari tahun 2015 hingga 2019. Analisis ini memberikan input penting bagi akademisi keuangan sekaligus investor terkait dengan keputusan investasi di bursa saham, khususnya sebelum masa pandemik covid-19 yang memengaruhi sektor keuangan di Indonesia dan seluruh dunia. Sebanyak 55 sampel perusahaan di sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode penelitian dipilih berdasarkan teknik pengambilan sampel kuota. Dengan menggunakan analisis jalur (path analysis), hasil penelitian menunjukkan bahwa likuiditas saham memiliki pengaruh negatif terhadap bid ask spread, manakala return saham memiliki pengaruh yang positif terhadap bid ask spread. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwalikuiditas saham berpengaruh negatif terhadap holding period saham, sedangkan return saham tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap holding period saham. Penelitian juga menyimpulkan bahwa selain bid ask spread saham memiliki pengaruh yang positif terhadap holding period, namun demikian bid ask spread saham tidak mampu memediasi hubungan antara likuiditas saham dengan holding period, dan bid ask spread juga tidak mampu memediasi hubungan antara return saham dengan holding period saham pada Bursa Efek Indonesia pada periode 2015 hingga 2019.
Usaha aparatur pajak dalam memperkuat garda akhir sebagai upaya peneyelamatan sumber pendanaan negara Ferdi Purnama; Lilis Ardini
KINERJA Vol 18, No 1 (2021): Februari
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jkin.v18i1.7971

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memeberikan pemahaman kepada para Wajib Pajak akan seberapa penting sumbangsih para Wajib Pajak dalam menjalankan roda pemerintahan di dalam suatu Negara, khususnya di Indonesia. Negara Indonesia menganut sitem pemungutan pajak Self Assesment System yang memberikan wewenang penuh kepada Para Wajib Pajak di Indonesia untuk menghitung, melapor dan menyetorkan sendiri besarnya pajak terutang atau kewajiban pajak yang harus dibayarkan oleh Wajib Pajak. Sistem ini tidak akan bisa berjalan dengan lancar ketika Wajib Pajak tersebut tidak memiliki kesadaran terhadap kewajiban perpajakannya. Penelitian ini juga didasari oleh besarnya penurunan piutang pajak yang disebabkan karena tak bisa tertagih atau sudah daluwarsa, hal ini yang sangat merugikan Negara. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), yaitu serangkaian penelitian yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, atau penelitian yang obyek penelitiannya digali melalui beragam informasi kepustakaan berupa buku, ensiklopedi, jurnal ilmiah, koran, majalah, dan dokumen. Diharapkan penelitian ini bisa memberikan dan membuka kesadaran para Wajib Pajak yang masih lalai dalam kewajiban perpajakannya.
The influence of cyberloafing to generation z’s productivity: looking at role of creativity as mediating factor Handi Wijaya Hartanto; Rosaly Franksiska
KINERJA Vol 18, No 1 (2021): Februari
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jkin.v18i1.8395

Abstract

In today's digital era, students are very close to the internet. Today's students are students of the z generation, students who are not free from the internet. They access the internet using gadgets that they can carry anywhere and can access the internet wherever they want, this results in cyberloafing. Cyberloafing is the behavior of using the internet in a learning environment for personal interests that are not related to assignments at school. This can affect the productivity and creativity of students, so this study was conducted with the aim to examine the effect of cyberloafing on productivity, cyberloafing on creativity and creativity on productivity. This type of research is a type of quantitative research using statistical calculations with Structural Equation Modeling (SEM) analysis methods. Using a purposive sampling method, by looking for respondents who meet criteria such as students with a generation of z and also open gadgets to open things that have nothing to do with learning during lecture hours. The results of this study state that cyberloafing has a significant effect on productivity with a probability value of 0.009 0.05, then cyberloafing has a significant effect on creativity with a probability value of 0.026 0.05, then creativity also has a significant effect on productivity with its probability value as big as *** or the value is less than 0.001 0.05 and in this study also gets the results that creativity can mediate the influence of cyberloafing on productivity in student generation z with a coefficient of 0.027. Based on the results of these studies it can be concluded that there is a significant influence between cyberloafing on productivity, cyberloafing on creativity and creativity on productivity and creativity can mediate the influence of cyberloafing on productivity in student generation z. 
Strategi pemasaran terhadap tingkat penjualan Henrikus Egha Hanintyas Widiastomo; Andhatu Achsa
KINERJA Vol 18, No 1 (2021): Februari
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jkin.v18i1.7523

Abstract

Di era modern ini, teknologi semakin meningkat dan semakin hari kian berkembang. Pemasaran merupakan satu dari beberapa hal yang berperan dalam perusahaan, dimana dengan adanya strategi pemasaran perusahaan mampu menentukan seberapa besar penjualan yang akan dilakukan dan bagaimana strategi yang akan dilakukan. Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk membantu mencari tau seberapa kuat dan bagaimana posisi PT. Astra Honda Motor Magelang sekarang berada. Sehingga dengan penelitian ini perusahaan dapat menentukan strategi apa yang akan dilakukan kedepannya. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan analisis SWOT. Data didapatkan melalui informasi yang didapatkan saat magang dan menggunakan penyebaran kuisioner. Jumlah kuisioner disebar kepada 14 responden dengan metode probability sampling yaitu pengambilan sample dengan kriteria tertentu saja yaitu pada bagian pemasaran dan sales. Pencarian data informasi dilakukan saat magang periode bulan Januari - Februari 2020 dan penyebaran kuisioner pada Mei 2020. Hasil penelitian didapatkan bahwa PT. Astra Honda Motor Magelang berada pada kuadran 1 dengan jumlah kekuatan (Strength) dan kelemahan (Weakness) sebesar 4,95 dan peluang (opportunities) dan ancaman (treats) sebesar 4,617. Posisi perusahaan pada kuadran 1 ini artinya perusahaan saat ini berada pada posisi yang sudah kuat dan on the track. Sehingga kedepannya perusahaan perlu melakukan ekspansi dan peningkatan penjualan.
Valuasi ekonomi limbah pada penjual es kelapa di kecamatan samarinda ulu Nofa Trianingsih; Akhmad Noor
KINERJA Vol 18, No 1 (2021): Februari
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jkin.v18i1.9253

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui valuasi ekonomi limbah pada penjual es kelapa di Kecamatan Samarinda Ulu. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Data Primer dan Sekunder. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan pada penelitian kuantitatif adalah metode perhitungan valuasi ekonomi limbah es kelapa. Valuasi ekonomi dari limbah penjual es kelapa menggunakan pendekatan produktivitas dalam kurun waktu satu bulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa valuasi ekonomi limbah penjual es kelapa yang diperoleh penjual es kelapa (internalitas) minimum yaitu rata-rata sebesar Rp 553.760 dan maksimum yaitu rata-rata sebesar Rp 832.403, sedangkan yang diperoleh dari pengguna atau yang memanfaatkan limbah penjual es kelapa (eksternalitas) minimum rata-rata sebesar Rp 11.075.194 dan maksimum rata-rata sebesar Rp 16.648.062.
Faktor penentu keputusan pembelian pada destinasi wisata belanja oleh-oleh di bandar lampung Tri Lestira Putri Warganegara; Resti Deptasari; Yanuarius Yanu Dharmawan
KINERJA Vol 18, No 1 (2021): Februari
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jkin.v18i1.8003

Abstract

Makanan dalam kegiatan wisata pada awalnya hanya dianggap sebagai salah satu pelengkap saja. Gambaran dari budaya dan identitas suatu daerah juga dapat dilihat dari makanan khas yang terdapat pada suatu daerah tersebut, seiring dengan berjalannya waktu kini wisata kuliner menjadi bagian dari kegiatan wisata yang tidak dapat dipisahkan. Permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini yaitu apakah brand image dan product quality mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian pada destinasi wisata belanja  oleh-oleh di Bandar Lampung. Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh brand image dan product quality terhadap keputusan pembelian pada destinasi wisata belanja oleh-oleh di Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan terhadap Toko Manisan Yen Yen, Toko Aneka sari Rasa dan Toko Askha Jaya di Bandar Lampung. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu kontribusi variabel brand image dan product quality berperan dalam mempengaruhi Keputusan Pembelian pada destinasi wisata belanja oleh-oleh di Bandar Lampung.
Pengaruh nilai taksir, jasa titip, promosi dan prosedur pencairan terhadap permintaan gadai emas Sri Rahma
KINERJA Vol 18, No 1 (2021): Februari
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jkin.v18i1.8051

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai taksir, biaya titip, promosi dan prosedur pencairan pinjaman baik secara simultan maupun parsial terhadap permintaan gadai di Bank Syariah Mandiri Area Jambi serta mengetahui variabel yang memiliki pengaruh paling dominan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode studi kasus. Penarikan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 94 nasabah. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan, yaitu: 1) Responden merasa puas dengan penerapan nilai taksir, jasa titip, promosi dan prosedur pencairan terhadap permintaan gadai emas 2) Secara simultan, variabel nilai taksir, jasa titip, promosi, dan prosedur pencairan berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan gadai emas di Bank Syariah Mandiri Area Jambi dengan nilai Fhitung sebesar 17,644 Ftabel (2,32) dan signifikansi sebesar 0,000 0,05. Secara parsial, nilai taksir berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan gadai emas dengan nilai thitung (2,195) ttabel (1,987). Prosedur Pencairan berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan gadai emas dengan thitung (3,320) ttabel (1,987); 3) Hubungan antar variabel menunjukkan hubungan yang positif dan searah; 4) variabel nilai taksir, jasa titip, promosi dan prosedur pencairan dalam menjelaskan variabel permintaan gadai emas sebesar 41,7 persen. Berdasarkan temuan penelitian ini, semakin kompetitif Nilai Taksir, Promosi, dan Prosedur Pencairan akan meningkatkan permintaan gadai emas di Bank Syariah Mandiri Area Jambi.

Page 1 of 2 | Total Record : 20